TNI Profesional Kebanggaan Rakyat

Simalungun, Liranews – Dandrem 022 Pantai Timur Kolonel R Wahyu Sugiarto memimpin upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) TNI ke-74 di lapangan Korem 022/ Pantai Timur Jalan Asahan, Kecamatan lSiantar, Kabupaten Simalungun, Sabtu (5/10/2019).

Perayaan HUT TNI dihadiri Danrindam I/BB, Bupati Labuhan Batu Utara, Dandim 0207 Simalungun, Danyon 122/Tombak sakti, Kapolres Pematangsiantar, Kapolres Simalungun, Walikota yang diwakili Wakil Walikota Pematangsiantar, Wakil Bupati Simalungun, FKPPI Siantar-Simalungun, Forkopimda, tokoh agama dan masyarakat.

Dandrem 022/Pantai Timur R Wahyu Sugiarto, dalam sambutan mengatakan peringatan hari lahir TNI ke-74 tahun 2019 dilaksanaka di seluruh Indonesia.

“Kita melakukan upacara dengan mengusung tema TNI propesional kebanggaan rakyat. Panglima TNI mengapresiasi profesionalitas TNI saat ini, dan mengajak seluruh prajurit
TNI/PNS dan keluarga besar TNI untuk bekerja lebih baik lagi,” katanya membacakan amanat Panglima TNI Hadi Tjahjanto SIP.

Sebagai alat Negara, tugas TNI tidak lepas dari perubahan lingkungan. Perkembangan dunia telah telah menciptakan dimensi dan metode peperangan baru, serta dampak diberbagai bidang.

“Harapannya di HUT ke-74 ini, pasukan TNI semakin baik kedepannya. Prajurit TNI bisa menjadi prajurit TNI yang profesional, efektif, efesien, serta modern,” ujarnya.

Liputan Reporter Liranews, usai upacara, Danrem mengatakan bahwa TNI akan membantu meningkatkan keamanan menjelang pelantikan presiden. Menurut Undang-undang TNI, selain membantu pemerintah daerah dan pihak kepolisian, ada SOP nya serta kita sudah melakukan nya. Terkait persiapan pelantikan Presiden, TNI melakukan kegiatan polisional mendukung Polri.

“Kita sudah sepakat, untuk kesananya ada SOP nya. Di wilayah Korem 022, walau ada sedikit di beberapa wilayah ada unjuk rasa, tetapi semua masih kondusif. Harapan kita kedepannya tetap kondusif dan semua lancar,” harapnya.

Usai upacara, acara di lanjutkan dengan pembagian tali asih kepada veteran, selanjutnya pemotongan nasi tumpeng pertama dari Dandrem 022 pantai Timur, selanjutnya pemotongan kue HUT ke -74 oleh ibu ketua persatuan ibu TNI Candra Kirana.

Acara hiburan yang diantaranya antraksi beladiri militer, marching band dari SMK Plus Efarina, tari daerah SMA Sultan Agung dan tortor dari ibu Persit Korem 022/Pantai Timur dan rindam I/BB.

HUT TNI di Korem 023/Kawal Samudera
Korem 023/KS menggelar upacara HUT ke-74 TNI, bertempat di Lapangan Upacara SMA Mata Uli Pandan Tapanuli Tengah, Sabtu (5/10/2019). Perayaan HUT kali ini membawa tema “TNI Profesional Kebanggaan Rakyat”.

Danrem 023/KS Kolonel Inf Tri Saktiyono saat melakukan pemotongan nasi tumpeng usai upacara HUT TNI ke 74.
Upacara diikuti ratusan prajurit dari TNI AD, TNI AL dan TNI AU dan Polri. Kemudian, Satpol PP, Ormas, Pelajar serta PNS TNI wilayah Sibolga-Tapteng.

Selaku Inspektur Upacara, Danrem 023/KS Kolonel Inf Tri Saktiyono membacakan amanat Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto SIP. Dalam amanatnya, Panglima.mengaku bangga dengan seluruh prajurit dan PNS TNI yang telah menunjukkan profesionalitasnya, dalam melaksanakan setiap tugas yang telah dipercayakan rakyat, bangsa dan negara.

“Selamat Ulang Tahun ke 74 dan Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia yang kita cintai dan banggakan bersama. Keluarga dan seluruh rakyat Indonesia juga bangga terhadap profesionalitas TNI nya. Hal itu harus disyukuri sekaligus menjadi cambuk bagi kita semua untuk berbuat lebih baik lagi. Oleh karena itulah, tema pokok pada kegiatan HUT ke 74 ini adalah TNI Profesional Kebanggaan Rakyat,” kata Panglima TNI melalui Danrem 023/KS.

Selaku Panglima TNI dan atas nama seluruh prajurit, PNS TNI beserta keluarga besar TNI mengucapkan rasa hormat dan bela sungkawa yang mendalam atas gugurnya prajurit-prajurit terbaik TNI dalam melaksanakan tugas negara.

“Kami yang ditinggalkan akan melanjutkan tugas yang diamanahkan dan semoga keluarga yang ditinggalkan,” tutupnya. LN-LS